Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Apa itu Hadware? “Hadware itu ya Perangkat Keras” atau “Hadware itu RAM, Hardisk, processor, VGA dll. Sejarah Internet. Hardware atau Perangkat Keras adalah suatu komponen dari sebuah komputer yang nisa riraba dan dilihat secara langsung atau bias juga disebut berbentuk nyata, yang mempunyai  fungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Sebagai contoh : Hardisk, Processor, VGA, RAM dsb.

Hardware mempunyai beberapa Perangkat yang terdiri atas 3 jenis :

  • Perangkat masukan (Input device) Berfungsi untuk meng-Inputkan data, baik berupa teks, gambar, maupun foto ke dalam computer tersebut. Contohnya : perangkat untuk memesukan (input) misalnya keyboard, scanner,  mouse, light-pen, dsb.
  • Perangkat keluaran (Output device) Ini dipakai untuk menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, printer dll.
  • Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat ini dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data Misalnya unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) juga mikroprosesor.

Software

Software atau Bahasa Indonesianya “Perangkat Lunak”  Perangkat ini adalah sebuah kode program yang disusun hingga sedemikian rupa agar tersusun secara sistematis agar  mencapai suatu tujuan tertentu atau penjelasan secara ringkas software adalah yang sifatnya tidak dapat diraba, hanya bisa berinteraki antar user dan program computer itu sendiri. Pada dasarnya sistem komputer harus mempunyai software karena tanpa software interaksi antara brainware dengan hardware tidak dapat melakukan pembagian sumberdaya komputer secara akurat. Sebagai contoh : Software itu Windows, Microsoft Office dsb.

Brainware

Brainware ialah bagi setiap manusia yang terlibat dalam kegiatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat dimaksudkan sebagai perangkat intelektual yang mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software computer itu sendiri. Tanpa adanya brainware, hardware dan software yang canggih sekalipun tidak akan dapat dimanfaatkan fungsinya secara maksimal dan optimal.